Materi SKI Pertemuan ke 7 Kelas 8 Tokoh Ilmuwan Dinasti Abbasiyah Bidang Kedokteran Dinasti Abbasiyah

 Assalamu Alaikum Wr. Wb.

Sebelum memulai kegiatan mari kita biasakan berdoa terlebih dahulu dengan membaca basmalah terlebih dahulu Bismillaahirrahmaanirrahiim 

Simak dengan seksama video dibawah ini yang menerangkan tentang Tokoh Ilmuwan Dinasti Abbasiyah Bidang Kedokteran Dinasti Abbasiyah !

setelah kalian simak video tersebut, jangan lupa dirangkum hal - hal penting yang disajikan dalam video tersebut.

Tugas Individu 

  1. Tuliskan di kolom komentar tentang tokoh - tokoh ilmuwan bidang kedokteran dinasti Abbasiyah yang terdapat di video diatas !

Selamat belajar, dan jangan lupa menyelesaikan tugas diatas

1 تعليقات

  1. Nama:Chilma Nihayatul Ulya
    Kelas:8C

    Ulama Kedokteran pada masa Dinasti Abbasiyah
    1.a)Ali Ibnu Rabban At-Thabari (Dokter Masyhur Abad Klasik)
    -Ali bin Sahl Rabban At-Tabar lahir tahun 838 M.Pada awalnya seorang yang beragama Kristen dari Tabaristan,ia masuk Islam dan menjadi dokter pribadi khalifah Al-Mutawakkil.
    -Ayahnya adalah seorang dokter dan penulis kaligrafi yang hebat,dan dari ayahnya Ali At-Thabari pertama kali belajar ilmu belajar ilmu kedokteran.Ali At-Thabari wafat tahun 870 M.
    -Firdaus Al-Hikmah:merupakan ensiklopedia kesehatan yang memuat di dalamnya tentang obat"an dan cabang ilmu kesehatan.Buku ini ditulis pada tahun 850 M dan terdiri dari tujuh jilid.
    -Din Ad-Daulah:
    sebuah kitab membahas tentang agama dan negara
    -Hifzussihhah:
    sebuah buku yang menjelaskan cara menjaga kesehatan,dan masih banyak yang lainnya
    b)Ar-Razi (Penemu Penyakit Cacar Air)
    -Abu Bakar Muhammad bin Zakariyya Ar-Razi.Dilahirkan di kota Rayy,Thehran,ibukota Iran.Di Baghdad,dikenal sebagai kepala dokter di rumah sakit besar yang ia dirikan sendiri.
    -Ar-Razi juga merupakan penulis paling produktif,semasa hidupnya ia menulis tidak kurang dari 200 karya ilmiah
    -Al-Hawi (buku yang komprehensif):
    buku ini dianggap sebagai karya utama Ar-Razi dalam bidang kedokteran,yang pertama kali diterjemahkan ke bahasa Latin oleh seorang dokter Yahudi Sisilia,Faraj bin Salim pada 1279 M
    -Al-Judari wal Hasbah:
    buku ini membahas tentang penyakit cacar air,campak,dan bisul serta dipandang sebagai mahkota dalam literatur ilmu kedokteran.Buku ini pertama kali diterjemahkan ke dalam bahasa Latin di Vanesia pada tahun 1565 M.
    c)Ibnu Sina
    di Barat dikenal dengan nama Aveciena
    -Abu Ali Al-Husayn bjn Abduklah bin Ali bin Sina .Orang Arab memberinya gelar Syaikhurrais(pemimpin orang terpelajar).Lahir pada tahun 980 M,dan wafat tahun 1037 M.
    -Dianugerahi dengan kemampuan luar biasa untuk menyerap dan memelihara pengetahuan,sarjana Islam dari Persia ini membaca buku" di perpustakaan besar milik raja dan para usia 21 tahun mulai menulis buku.
    -Sebagai dokter,Ibnu Sina lebih suka tindakan preventif daripada kuratif dan selalu menguatkan aspek rohani dan jasmani pasien dalam pengobatannya
    -Dalam pandangannya,makanan,minuman,temperatut,polusi udara,limbah,keseimbangan pikiran dan gerak tubuh mempunyai pengaruh terhadap kesehatan manusia.Semua yang dikatakan Ibnu Sina terbukti dan menjadi masalah utama atas kesehatan manusia saat ini.
    -Al-Qanun Fi Tiibb:
    yang artinya"dasar" ilmu kedokteran".
    Buku ini berabad-abad telah menjadi Buku yang menguasai dunia pengobatan di Eropa dan menjadi buku sumber kedokteran di Prancis
    -As-Syifa:
    berisi tentang cara pengobatan,termasuk tentang pengobatan penyakit syaraf.

    ردحذف

إرسال تعليق

أحدث أقدم