PELAKSANAAN ANBK 2024 di MTs NURIL HUDA

 Assalamu Alikum Wr. Wb.

Sobat MATSANUDA yang di rahmati Allah SWT, di bulan Agustus s/d Oktober 2024 ini siswa siswi dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan kesetaraan disibukkan dengan apa yang dinamakan ANBK.


Apa ANBK itu ?

Dilansir dari laman resmi Kemendikbud RI, ANBK merupakan asesmen yang menggunakan komputer secara daring dan semi daring sebagai media untuk menampilkan dan menjawab soal. Program ini dilaksanakan sebagai bentuk penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang sekolah dasar dan menengah.

Mutu pendidikan itu dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar seperti literasi, numerasi, dan karakter. Selain itu, terdapat penilaian kualitas proses belajar-mengajar dan suasana satuan pendidikan.

Penilaiannya didapatkan dengan cara mengerjakan tiga instrumen yang meliputi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Ketiga instrumen tersebut nantinya akan diikuti sebagian peserta didik.

Khusus jenjang MTs diperuntukkan bagi siswa kelas 8 saja yang dipilih secara acak oleh pemerintah. Tujuannya agar siswa dapat merasakan perbaikan pembelajaran ketika masih berada di sekolah tersebut.

Asesmen Nasional ini juga akan diikuti guru dan kepala sekolah di setiap satuan pendidikan. Hasil asesmen ini nantinya akan menjadi bahan evaluasi pemerintah untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar demi meningkatkan hasil belajar murid.

Jadwal ANBK di MTs Nuril Huda

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ANBK SMP/MTs 2024 dijadwalkan terlaksana pada tanggal, 9 - 10 September 2024 ( untuk gelombang 1) dan 11 - 12 September 2024 ( gelombang 2). Informasi ini tercantum dalam Surat Keputusan Kemendikbud nomor 2045/H.H4/SK.01.01/2024 perihal Jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2024.

Adapun pelaksanaan ANBK di MTs Nuril Huda mengambil pada gelombang 1 yaitu pada tanggal 9 - 10 September 2024.

Pelaksanaan ANBK di MTs Nuril Huda 
tahun 2024











Demikian informasi tentang pelaksanaan ANBK di MTs Nuril Huda Tarub semoga dapat menghasilkan sesuai yangn diharapkan
Wassalamu Alaikum Wr. Wb.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama